Tuesday, September 30, 2014

Cara Aman Berwisata Belanja di Hong Kong




Wisatawan melancong ke Hong Kong pasti berniat untuk belanja di samping menjelajahi seluruh objek wisata tersohor. Tapi saat belanja, sebaiknya Anda tak usah boros menghabiskan uang saku saat berada di pasar atau mal.

Kegiatan belanja sah-sah saja. Hal tak terduga pasti kita alami saat melakukan wisata belanja. Hampir semua sudut Hong Kong punya deretan pertokoan yang menjual barang KW hingga asli branded. Ada 10 tip penting yang bisa menjadi panduan Anda agar tetap hemat selama di Hong Kong, dilansir dari buku “Rp2 Juta Keliling Macau, HongKong dan Shenzhen” karya Claudia Kaunang.

Buat catatan daftar belanja

Sebelum masuk ke pertokoan, membuat catatan daftar belanja sangat penting. Sebaiknya, Anda harus fokus sesuai catatan agar tidak kebablasan. Kalau pun terpaksa coret salah satu daftar belanja itu dan ganti dengan barang yang benar-benar Anda inginkan.

Baca catatan belanja berkali-kali

Setelah membuat list belanja, selama di dalam pertokoan cek ulang barang yang akan Anda beli. Kalau merasa ragu dan tidak penting sebaiknya jangan membeli barang tersebut.

Buat catatan barang yang habis

Saat traveling, terutama bagi wanita, membawa alat mandi dan kosmetik itu penting. Kalau sekiranya habis, sebaiknya tambah dalam catatan Anda sebelumnya. Jangan memaksa kehendak, walau lagi ada sale besar-besaran di toko tersebut.

Buat catatan daftar orang terdekat untuk diberi oleh-oleh

Sepulang melancong, keluarga atau kerabat dekat di rumah pasti menanyakan soal oleh-oleh. Anda buat list lebih dulu agar tidak kurang atau lebih. Kalau sekiranya uang Anda tidak cukup, jangan memaksa kehendak demi oleh-oleh itu.

Jangan mudah tergoda rayuan pramuniaga toko

Setiap pertokoan di Hong Kong pasti memanfaatkan tenaga kerja wanita untuk merayu para calon pembeli agar tertarik dengan barang yang dijualnya. Kalau tidak butuh barang tersebut, Anda harus berani menolak dengan sikap ramah.
Jangan lupa diri

Suasana hiruk pikuk di tempat wisata belanja  Hong Kong pasti tak terhindarkan. Apalagi saat melihat brand-brand ternama yang dijual di sebuah factory outlet. Keinginan untuk menghamburkan banyak uang tiba-tiba muncul di saat itu juga dan bikin lupa diri.


Jangan pergi sama shopaholic

Kalau tidak ingin boros, menghindari hal satu ini sangat penting. Sifat manusia tidak jauh dari rasa gengsi dan Anda ingin dipandang lebih dari teman-teman Anda. Pada akhirnya, Anda ingin menyaingi mereka dan belanja di luar kendali.

Pakailah kartu kredit

Di luar negeri seperti Hong Kong, banyak toko-toko yang bertransaksi memakai kartu kredit. Sebaiknya, Anda menyesuaikan agar belanja tidak terhambat selama di sana. Jarang sekali pakai mesin ATM yang mengeluarkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jangan tergoda sale

Sale menjadi incaran semua orang yang doyan belanja. Tak jarang toko-toko di Hong Kong mengadakan sale besar-besaran dan bonus melimpah. Banyak barang promo Buy 1 get 1 atau memajang label diskon pada hampir semua toko.

Beli barang yang berguna dan nyaman dipakai

Buat apa membeli barang kalau hanya memenuhi kesenangan dan kepuasan batin kalau tidak berguna. Hal itu memicu Anda menjadi pemboros. Misalnya, saat membeli baju, sesuaikan dengan ukuran tubuh agar bisa dipakai dalam situasi apa pun yang menurut Anda nyaman.
http://www.hasanahqaromah.com/category/hkg-shenzen-macau/

No comments:

Post a Comment