Monday, October 6, 2014

Grand Canal di Tiongkok, 1.800 Km Dibuat dengan Tangan!


http://www.hasanahqaromah.com/category/china-muslim/


Tembok Besar bukanlah satu-satunya destinasi wisata favorit di Beijing, Tiongkok. 35 Km dari Tiananmen Square, Anda akan sampai di bantaran Grand Canal. Bayangkan, kanal sepanjang 1.800 Km ini dibuat oleh tangan!

Grand Canal, begitu nama kanal tersebut, membentang sepanjang 1.794 Km dari Hangzhou sampai kota pinggiran Beijing yakni Tongzhou. Ini adalah salah satu sungai paling historik di Tiongkok, sudah ada sejak 2.500 tahun yang lalu.

Grand Canal dulu menjadi jalur perdagangan yang sangat penting bahkan mengalahkan Terusan Suez. Tanpa Grand Canal, Beijing tak akan menjadi ibukota Tiongkok. Terlebih lagi, Grand Canal adalah kanal terpanjang yang dibuat dengan tangan manusia.

Tak heran pada Juni 2014, UNESCO mendaulatnya sebagai Situs Warisan Dunia. Rute asli kanal ini lebih dari 2.000 Km, pembangunan dimulai pada 486 tahun sebelum masehi, sampai akhirnya rampung pada tahun 610 masehi. Dibutuhkan lebih dari 3 juta pekerja sampai kanal ini rampung!

Namun pada 1271, saat Kubilai Khan memindahkan ibukota ke Beijing, rute Grand Canal yang baru pun dibuat langsung ke Hangzhou. Namun rute asli Grand Canal masih ada sampai sekarang, menjadi bukti sejarah pembangunan selama lebih dari 1.000 tahun.

No comments:

Post a Comment