Friday, November 14, 2014

Gelang : Souvenir Murah Meriah Khas Lombok




Di tiap tempat wisata pasti ada para penjaja suvenir. Di Gili Air, suatu pulau kecil nan cantik di Lombok, para penjaja suvenirnya justru unik. Mereka mendapat julukan sebagai manusia gelang.

Lombok punya tiga gili yang terkenal yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Letaknya ada di sebelah barat bagian Pulau Lombok dan jadi incaran turis mancanegara. Ketiga gili tersebut punya pantai pasir putih dan lautan biru jernih.
http://www.hasanahqaromah.com/category/lombok-package/
Gili Trawangan merupakan detsinasi yang terpopuler untuk turis mancanegara dan juga domestik. Baik saat sedang musim liburan atau tidak, Gili Trawangan selalu penuh turis dari beragai negara. Mereka datang untuk berjemur dan menyelam. Hotel dan aneka restoran di sana pun lengkap

Gili Air justru kebalikannya. Pulau kecil ini relatif lebih sepi, karena akomodasi di sana tak sebanyak di Gili Trawangan. Tapi meski begitu, Gili Air tetap difavoritkan turis mancanegara karena suasananya yang lebih tenang.

Di Gili Air juga, turis akan mudah bertemu 'manusia gelang'. Jangan takut dulu, itu adalah julukan bagi para penjaja suvenir berupa gelang dan kalung yang ada di Lombok.

Mereka kebanyakan adalah wanita manula yang menghiasi badannya dengan aneka gelang, dari tangan hingga ke atas kepala. Mereka seolah membuat tali khusus di badannya agar bisa membawa banyak gelang-gelang dan kalung sekali jalan.
Harga yang ditawarkan pun tidak mahal-mahal amat. Harga satu gelang yang paling murah mulai dari sekitar Rp 10 ribu sampai kisaran puluhan ribu rupiah. Anda pun bisa melakukan proses tawar-menawar.

Mereka biasanya berjalan di pesisir pantai Gili Air dan menawarkannya kepada turis. Jika turis tidak mau membeli, mereka langsung bergeser dan berjalan lagi. Kenyamanan turis tidak terganggu bukan?

Mereka pun cukup ramah dan beberapa ada yang tidak malu-malu untuk difoto. Cobalah bertemu 'manusia gelang' saat melancong ke Lombok, siapa tahu ada gelang yang bagus yang cocok untuk oleh-oleh

No comments:

Post a Comment